☆☆ ========= ♥♥ Welcome to My Blog ♥♥ ======== ☆☆ ☆☆ == Thank You for visiting == ☆☆ ♥♥ Anna br Butar ♥♥: Landasan Teori II -->

Laman

Juni 16, 2011

Landasan Teori II

2.10 Microsoft Visual Basic 6.0
Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemrograman (Leangue Program), juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasis windows. Secara umum ada beberapa manfaat yang diperoleh dari pemakaian program Visual Basic, diantaranya:
1. Dipakai dalam membuat program aplikasi berbasis windows
2. Dipakai dalam membuat objek-objek pembantu program seperti fasilitas Help, Control ActiveX, Aplikasi Internet dan sebagainya.
3. Digunakan untuk menguji program (Debungging) dan menghasilkan program EXE yang bersifat Executable atau dapat langsung dijalankan.
Visual Basic 6.0 memiliki beberapa versi/edisi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Beberapa versi Visual Basic 6.0 yang sering di temui dipasaran antara lain :
1. Standart Edition (Learning Edition)
Versi ini berisi berbagai sarana dasar dari Visual Basic 6.0 untuk mengembangkan aplikasi.
2. Profesinal Editon
Versi ini berisi tambahan sarana yang dibutuhkan oleh programmer professional, misalnya tambahan kontrol-kontrol program, pemrograman internet, compiler untuk membuat file Help dan sarana pengembangan database yang lebih baik.
3. Enterprise Edition
Versi ini dikhususkan bagi para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi Remote Computing atau aplikasi Client/Server.

2.11 Macromedia Flash 5.0
Berikut ini adalah alasan mengapa pada Perancangan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak menggunakan software Macromedia Flash 5.0. Macromedia Flash adalah perangkat lunak aplikasi pembuatan animasi dengan standar professional yang mendukung konsep multimedia, baik multimedia suara, animasi maupun teks.
Pada software Macromedia Flash 5.0 memiliki fasilitas penunjang pada sumber daya yang dibutuhkan untuk tutorial dan software yaitu :
a. Anims (Animasi)
Macromedia Flash 5.0 memberikan kemudahan dalam proses pembuatan animasi serta kecilnya ukuran file animasi yang dibentuk. Animasi tersedia dalam bentuk Quicktime, Audio Interface (AVI) dan Flash Movie (SWF).
b. Library Flash
Library Flash adalah tempat semua media pada sebuah objek bisa disimpan dan digunakan yang mungkin juga disimpan sebagai Common Library yang bisa diakses proyek manapun.
c. Action Script
Action Script adalah bahasa pemrograman visual berorientasi objek yang mempuyai struktur, sintaks dan tata bahasa mirip dengan bahasa pemrograman C++. Dengan Action Script dapat dibuat animasi dan visualisasi yang berhubungan dengan penyajian informasi, seperti puzzle, kuis dan aplikas lain yang memerlukan pemrograman dengan baik.
d. Object Oriented Programing
Macromedia Flash 5.0 merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan modul-modulnya dapat dipecah-pecah menjadi beberapa file yang lebih kecil.

2.12 Microsoft Acces 2003
Microsoft Access atau Microsoft Office Access) merupakan sebuah program aplikasi basis data komputer relasional untuk membuat database. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.
Database merupakan sebuah file yang mengandung banyak data dan informasi yang sudah terorganisir secara rapi dan sistematis dalam berbagai elemen pembentuknya yaitu :
1. Tabel
Sebuah menu dalam database dalam bentuk baris dan kolom yang digunakan untuk memasukkan data


2. Query
Sebuah menu di dalam database yang sudah terkait dengan perintah-perintah khusus yang berfungsi untuk melakukan pencarian data serta mengurutkan data
3. Form
Sebuah bentuk tampilan data yang di desain sedemikian rupa sehingga proses pemasukan, pencarian dan pembacaan data dapat dilakukan dengan mudah.
4. Report
Sebuah fasilitas yang berfungsi untuk membuat lembar-lembar laporan dari data-data yang kita akses sehingga data tersebut dapat dicetak atau diprint.
5. Pages
Sebuah fasilitas untuk mendesain tampilan web yang akan dihubungkan dengan internet
6. Macros
Sebuah fasilitas membuat perintah pendek (shortcut) untuk menjalankan operasi tertentu
7. Modules
Kumpulan deklarasi, statement dan prosedur yang disimpan dalam satu tempat dan satu nama.

Tidak ada komentar: